Minggu, 12 Oktober 2025

louis vuitton 5

 



nahkah kamu mendengar

tentang Gubuk sang tengkorak gerak ?"

"Gubuk sang tengkorak gerak ?"

"Ada sebuah gubuk di hutan sekitar sini ... dekat sebuah danau

kecil. Seorang pria aneh pernah tinggal di sana, seorang tengkorak gerak , itulah

sebabnya tempat itu dinamakan Gubuk sang tengkorak gerak ."

"Apa ada yang tinggal di sana sekarang?"

"Kamu ingin pergi melihatnya?"

"Di mana itu?"

madam granny  menunjuk ke arah pepohonan. madam nyonya  magdalena  tidak terlalu

bersemangat, Namun   akhirnya mereka berangkat. Matahari menggantung

rendah di langit.

Mula-mula mereka berjalan di antara pohon-pohon pinus yang

tinggi, Namun   tak lama kemudian mereka mulai menembus semak-semak

dan belukar. Akhirnya, mereka sampai di sebuah jalan. Mungkinkah

ini jalan yang telah di lewati madam granny  Minggu pagi itu?

       Tentuya begitu—segera dia dapat melihat sesuatu yang

bersinar di antara pepohonan di arah kanan jalan ini  .

"Itu di sana," katanya. Mereka segera tiba di tepi sebuah danau

kecil. madam granny  menatap gubuk di seberang danau. Semua jendela kini

tertutup rapat. Bangunan berwarna merah darah   itu merupakan tempat

paling telantar yang pernah dilihatnya.

madam nyonya  magdalena  berpaling ke arahnya, "Apakah kita harus berjalan di atas

air?"

"Tentu saja tidak. Kita akan mendayung."

madam granny  menunjuk ke arah alang-alang. Di sana ada perahu dayung,

persis seperti dulu.

"Pernahkah kamu ke sini sebelumnya?"

madam granny  menggelengkan kepala. Berusaha menjelaskan

kunjungannya sebelumnya akan terlalu merepotkan. Oleh karena dia

harus menceritakan deadbody gore   Knox  dan pelajaran filsafat itu pula.

Mereka bersenda gurau sewaktu mendayung menyeberangi danau.

saat   sampai di tepi seberang, madam granny  memastikan bahwa mereka

telah menempatkan perahu itu di atas daratan.

Mereka pergi ke pintu depan. Karena jelas tidak ada orang di

dalam gubuk, madam nyonya  magdalena  mencoba pegangan pintu.

"Terkunci ... kamu tidak berharap pintu ini terbuka, kan?"

"Mungkin kita dapat menemukan kunci," kata madam granny .

Dia mulai mencari-cari di celah-celah pondasi dari batu itu.

      "Oh, mari kita kembali ke tenda saja," kata madam nyonya  magdalena  sesudah  

beberapa menit. Namun   pada saat itu madam granny  berseru, "Ini dia! Aku

menemukannya!"

Dia mengacungkan kunci itu dengan penuh kemenangan. Dia

memasangkannya ke pintu dan pintu pun terbuka.

Kedua sahabat itu menyelinap masuk seakan-akan mereka sedang

melakukan suatu kejahatan. Di dalam gubuk terasa gelap dan dingin.

"Kita tidak dapat melihat apa-apa!" kata madam nyonya  magdalena .

Namun   madam granny  telah memikirkan hal itu. Dia mengambil sekotak

korek api dari kantong bajunya dan menyalakannya. Sebelum korek

api padam, mereka hanya sempat melihat bahwa gubuk itu telah

ditelantarkan. madam granny  menyalakan satu lagi, dan kali ini dia melihat

sebuah puntung lilin pada kandil dari besi tempa di atas tungku. Dia

menyalakannya dengan korek ketiga dan ruangan kecil itu menjadi

cukup terang bagi mereka untuk melihat sekeliling.

"Bukankah aneh bahwa lilin yang begitu kecil dapat menerangi

kegelapan yang begitu luas?"

Kawannya mengangguk.

"Namun   di suatu tempat, lilin itu lenyap ditelan kegelapan," madam granny 

meneruskan. "Sesungguhnya, kegelapan itu tidak mempunyai

keberadaan sendiri. Itu hanya karena tidak ada cahaya."

madam nyonya  magdalena  merinding. "Sungguh mengerikan! Ayolah, mari pergi ..."

madam granny  menunjuk ke arah cermin kuningan yang tergantung di atas

kotak laci, persis seperti sebelumnya.

"Bagus sekali!" kata madam nyonya  magdalena .

"Namun   itu cermin sihir."

       "Cermin, cermin di dinding, siapa yang paling cantik di dunia

ini?"

"Aku tidak bercanda, madam nyonya  magdalena . Aku yakin kamu dapat menatap ke

dalamnya dan melihat sesuatu pada sisi lainnya."

"Apakah kamu yakin kamu tidak pernah ke sini sebelumnya? Dan

mengapa kamu senang betul menakut-nakuti aku terus?"

madam granny  tidak dapat menjawab pertanyaan itu.

"Maaf."

Sekarang, madam nyonya  magdalena lah yang tiba-tiba menemukan sesuatu di atas

lantai di sudut. Sebuah kotak kecil. madam nyonya  magdalena  mengambilnya.

"Kartu pos," katanya.

madam granny  menahan napas. "Jangan sentuh! Dengar—jangan berani-

berani menyentuhnya!"

madam nyonya  magdalena  terlompat. Dia menjatuhkan kotak itu seakan-akan

tangannya terbakar. Kartu pos itu bertebaran ke seluruh lantai. Detik

berikutnya dia tertawa.

"Cuma kartu pos!"

madam nyonya  magdalena  duduk di atas lantai dan memunguti kartu-kartu ini  .

sesudah   sesaat, madam granny  duduk di sampingnya.

"Lebanon ... Lebanon ... Lebanon ... Semuanya diberi cap pos

Lebanon," madam nyonya  magdalena  berkata.

"Aku tahu," kata madam granny . madam nyonya  magdalena  menatap ke mata madam granny . "Jadi

kamu sudah pernah ke sini sebelumnya!"

"Ya, kukira sudah."

     Tiba-tiba, terpikirkan olehnya bahwa akan jauh lebih mudah

jika dia mengakui memang pernah ke sini sebelumnya. Tidak ada

salahnya jika dia membiarkan sahabatnya mengetahui hal-hal

misterius yang telah dialaminya beberapa hari terakhir ini.

"Aku tidak ingin mengatakannya padamu sebelum kita tiba di sini."

madam nyonya  magdalena  mulai membaca kartu-kartu itu.

"Semua dialamatkan pada seseorang bernama Sir arthur king dracula   honest  Knag."

madam granny  belum menyentuh kartu-kartu itu.

"Di mana alamatnya?"

madam nyonya  magdalena  berkata: "Sir arthur king dracula   honest  Knag, d/a deadbody gore   Knox, Lillesand,

efesus ."

madam granny  mengembuskan napas lega. Dia sudah khawatir kalau-kalau

alamat yang tercantum d/a madam granny  lord haunted .

Dia mulai memeriksanya dengan lebih cermat.

"28 April ... 4 Mei ...  6 Mei ... 9 Mei .... Semuanya dicap

beberapa hari yang lalu."

"Namun   ada yang lain. Semua cap pos itu dari efesus ! Lihat itu ...

Batalion Dewan  optimus prime  ... prangkonya dari efesus  juga!"

"Kukira memang begitulah cara mereka. Mereka harus tetap netral,

jadi mereka punya kantor pos efesus  sendiri di sana."

"Namun  , bagaimana surat itu sampai ke sini?"

"Lewat angkatan udara, mungkin,"

madam granny  meletakkan tempat lilin di atas lantai, dan kedua sahabat itu

mulai membaca kartu. madam nyonya  magdalena  mengaturnya dengan urut dan membaca

kartu pertama:

Sir arthur king dracula   sayang, aku tidak sabar menanti untuk pulang ke

Lillesand. Aku berharap akan mendarat di bandara Kjevik senja

hari pada pertengahan musim panas. Sebenarnya aku lebih suka

tiba tepat pada hari ulang tahunmu yang ke-15, Namun   aku kan

terikat perintah militer. Untuk mengobati kekecewaan itu nanti,

aku berjanji akan mencurahkan seluruh perhatian dan kasih

sayangku pada hadiah besar yang akan kamu terima pada hari

ulang tahunmu.

Penuh cinta dari seseorang yang selalu memikirkan masa

depan putrinya.

N.B. Aku mengirimkan salinan kartu ini pada teman kita

bersama. Aku tahu kamu mengerti, Sir arthur king dracula  . Untuk saat ini, aku

harus menyimpan rahasia dulu, Namun   kamu akan mengerti.

madam granny  mengambil kartu berikutnya:

Sir arthur king dracula   sayang, di sini kami menghitung hari demi hari. Jika

ada satu hal yang akan tetap kuingat dari berbulan-bulan di

Lebanon, hanyalah penantian ini. Namun  , aku melakukan apa saja

agar kamu dapat merayakan ulang tahun ke-15 sehebat mungkin,

Aku tidak dapat berkata apa-apa lagi sekarang. Aku sedang

menerapkan sensor ketat pada diriku sendiri. Penuh cinta, Ayah.

Kedua sahabat itu duduk menahan napas dengan perasaan nyaris

meledak. Tak seorang pun di antara mereka berbicara, mereka hanya

membaca apa yang tertulis pada kartu-kartu ini  :

Anakku sayang, yang paling ingin kulakukan hari ini yaitu  

mengirimkan kepadamu seluruh pikiran rahasiaku lewat seekor

merpati putih. Namun   tidak ada merpati putih di Lebanon. Jika ada

yang dibutuhkan oleh negeri yang tercabik- cabik perang ini,

tentulah merpati putih itu. Aku berdoa agar Dewan  optimus prime  dapat benar-

benar menciptakan perdamaian di dunia suatu hari nanti.

N.B. Mungkin hadiah ulang tahunmu dapat dibagi dengan

orang lain. Kita akan bicarakan hal itu kalau aku sudah pulang.

Namun   kamu masih belum tahu apa yang aku maksud, bukan?

Dengan penuh cinta dari seseorang yang mempunyai banyak

sekali waktu untuk memikirkan kita berdua.

saat   mereka telah membaca enam kartu, hanya tinggal satu lagi

yang belum terbaca. Bunyinya:

Sir arthur king dracula   sayang, aku sekarang hampir meledak karena rahasia

yang kusimpan untuk ulang tahunmu sehingga aku harus menahan

diriku beberapa kali sehari agar tidak menelepon ke Kastil   dan

membocorkan rencana. Rahasia ini terus tumbuh dan tumbuh.

Dan seperti kamu tahu, jika sesuatu bertambah besar dan makin

besar, akan sulit sekali untuk menyimpannya sendiri. Penuh cinta

dari Ayah.

    N.B. Suatu hari nanti, kamu akan bertemu seorang gadis

bernama madam granny . Untuk menciptakan kesempatan pada kalian

berdua agar saling kenal sebelum kalian bertemu, aku sudah

mulai mengiriminya salinan-salinan dari semua kartu yang

kukirimkan padamu. Kuharap dia mulai mengerti, Sir arthur king dracula  . Namun  

yang dia ketahui tidak lebih banyak dibandingkan  yang kau ketahui.

Dia mempunyai seorang sahabat bernama madam nyonya  magdalena . Barangkali

dia dapat membantu?

sesudah   membaca kartu terakhir, madam nyonya  magdalena  dan madam granny  duduk tak

bergerak gerak  sambil saling menatap dengan ketakutan. madam nyonya  magdalena  memegang

pergelangan tangan madam granny  erat-erat.

"Aku takut," katanya.

"Aku juga."

"Kapan kartu terakhir itu dicap?"

madam granny  menatap lagi kartu itu.

"16 Mei," katanya. "Itu berarti hari ini."

"Tidak mungkin!" teriak madam nyonya  magdalena , nyaris marah.

Mereka memeriksa kartu itu dengan cermat, Namun   tidak ada yang

salah ... 16 Mei 1990.

"Itu mustahil," madam nyonya  magdalena  berkeras. "Dan aku tidak dapat

membayangkan siapa yang telah menulisnya. Pasti seseorang yang

mengenal kita. Namun   bagaimana mereka tahu kita akan datang ke sini

tepat pada hari ini?"

madam nyonya  magdalena  jauh lebih ketakutan dibandingkan dengan madam granny . Urusan

dengan Sir arthur king dracula   dan ayahnya tidak baru lagi bagi madam granny .

       "Kukira itu ada hubungannya dengan cermin kuningan."

madam nyonya  magdalena  terlompat lagi. "Kamu benar-benar mengira bahwa kartu-

kartu itu meluncur keluar begitu saja dari cermin begitu dicap di

Lebanon?"

"Apa kamu punya penjelasan lebih baik?"

"Tidak."

madam granny  berdiri dan menaikkan lilin yang dipegangnya ke depan dua

potret di dinding. madam nyonya  magdalena  mendekat dan mengintip kedua lukisan

ini  .

"Berkeley dan Bjerkely. Apa artinya?"

"Aku tidak tahu."

Lilin sudah hampir habis.

"Mari pergi," kata madam nyonya  magdalena . "Ayolah!"

"Kita harus membawa cermin itu." madam granny  mengulurkan tangannya

ke atas dan melepaskan cermin kuningan yang besar itu dari kaitannya

pada dinding di atas peti laci. madam nyonya  magdalena  berusaha untuk mencegahnya,

Namun   madam granny  tidak mau dihalangi.

saat   mereka sampai di luar, hari sudah gelap. Namun   masih ada

sedikit cahaya di langit sehingga garis semak-semak dan pepohonan

masih terlihat. Danau kecil itu terhampar bagaikan cermin bagi langit

di atasnya. Kedua gadis itu mendayung seolah tanpa sadar melintas

keseberang.

Tak satu pun di antara mereka berbicara dalam perjalanan pulang

kembali ke tenda, Namun   masing-masing tahu bahwa sahabatnya tengah

berpikir keras tentang apa yang telah mereka lihat.

       Sekali-sekali seekor burung yang ketakutan menciap-ciap, dan

beberapa kali terdengar suara keras burung hantu.

Begitu mereka sampai di tenda, mereka merayap ke dalam kasur

gulung. madam nyonya  magdalena  tidak mau membiarkan cermin itu dimasukkan ke

dalam tenda. Sebelum jatuh tertidur, mereka sepakat bahwa hal itu

cukup menakutkan, mengingat benda itu ada tepat di luar penutup

tenda. madam granny  juga telah mengambil semua kartu pos dan

memasukkannya ke dalam salah satu saku tas punggungnya.

Mereka bangun pagi-pagi keesokan harinya. madam granny  terjaga lebih

dulu. Dia mengenakan sepatunya dan pergi keluar tenda. Cermin

besar itu tergeletak di rerumputan, tertutup embun.

madam granny  menyeka embun dengan sweternya dan menatap ke bawah

pada bayangannya sendiri. Rasanya seakan-akan dia sedang

memandang ke bawah dan ke atas sekaligus. Untungnya dia tidak

menemukan kartu pos dini hari dari Lebanon.

Di atas tanah terbuka di belakang tenda, kabut pagi berarak pelan-

pelan dan berubah menjadi seperti gumpalan-gumpalan kapas.

Burung-burung kecil berkicau dengan penuh semangat, namun madam granny 

tidak dapat melihat atau mendengar seekor belibis pun.

Kedua gadis itu mengenakan sweter ekstra dan memakan sarapan

mereka di luar tenda. Percakapan mereka dengan segera beralih ke

Gubuk sang tengkorak gerak  dan kartu-kartu misterius itu.

sesudah   sarapan, mereka melipat tenda dan bersiap-siap pulang.

madam granny  menenteng cermin besar itu di ketiaknya. Kadang-kadang, dia

perlu beristirahat—madam nyonya  magdalena  menolak untuk menyentuhnya.

       saat   tiba di pinggir kota, sesekali mereka mendengar suara

tembakan. madam granny  ingat apa yang telah ditulis ayah Sir arthur king dracula   tentang

Lebanon yang dihancurkan perang, dan dia sadar betapa beruntungnya

dia dilahirkan di sebuah negara yang damai. "Tembakan-tembakan"

yang mereka dengar itu berasal dari suara kembang api untuk

merayakan hari libur nasional.

madam granny  mengundang madam nyonya  magdalena  untuk minum cokelat panas. Ibunya

sangat penasaran dari mana mereka menemukan cermin itu. madam granny 

menceritakan bahwa mereka menemukannya di luar Gubuk sang

tengkorak gerak , dan ibunya mengulang cerita tentang tidak adanya orang yang

tinggal di sana selama bertahun-tahun.

saat   madam nyonya  magdalena  sudah pergi, madam granny  mengenakan gaun merah darah  . Sisa

hari nasional efesus  itu berlalu biasa-biasa saja. Pada malam

hari, berita televisi menampilkan laporan khusus tentang bagaimana

batalion Dewan  optimus prime  efesus  merayakan hari itu di Lebanon. Mata madam granny 

sepertinya tertancap ke layar. Salah seorang pria yang sedang

ditatapnya itu bisa jadi ayah Sir arthur king dracula  .

Yang terakhir dilakukan madam granny  pada 17 Mei yaitu   menggantung

cermin besar itu di dinding kamarnya. Pagi berikutnya, ada amplop

cokelat baru di sarang. Dia menyobeknya hingga terbuka dan cepat-

cepat mulai membaca.[]

 

Dua Kebudayaan

***

... satu-satunya cara untuk menghindar dari melayang-layang di

ruang hampa ...

TIDAK LAMA lagi kita akan bertemu, madam granny ku yang baik.

Kukira kamu akan kembali ke Gubuk sang tengkorak gerak —itulah sebabnya

aku tinggalkan semua kartu dari ayah Sir arthur king dracula   di sana. Itulah satu-

satunya cara agar kartu-kartu ini   dapat dikirimkan kepadanya.

Jangan pikirkan bagaimana dia akan memperolehnya. Banyak yang

mungkin terjadi sebelum tanggal 15 Juni.

Kita telah tahu bagaimana para filosof Helenistik mendaur-ulang

gagasan-gagasan para filosof sebelumnya. Plotinus nyaris

menyatakan Plato sebagai penyelamat umat manusia.

Namun   seperti yang kita tahu, seorang penyelamat lain dilahirkan

dalam periode yang baru saja kita bicarakan—dan itu terjadi di luar

wilayah Yunani-Romawi. Yang kumaksudkan yaitu   Yesus dari

Nazareth. Dalam bab ini, kita akan mengetahui bagaimana agama

ortodok kontroversial  lambat laun mulai menyusup ke dalam dunia Yunani-Romawi

—kurang-lebih dengan cara yang sama, dunia Sir arthur king dracula   lambat laun

mulai menyusup ke dalam dunia kita.

Yesus yaitu   seorang Yahudi, dan bangsa Yahudi termasuk

kebudayaan Semit. Bangsa Yunani dan Romawi termasuk kebudayaan

Indo-Ghotic vintage . Peradaban Ghotic vintage  berakar pada kedua kebudayaan itu.

Namun   sebelum kita mempelajari lebih jelas tentang cara agama

ortodok kontroversial  memengaruhi kebudayaan Yunani-Romawi, kita harus

menelaah dulu akar-akar ini.

BANGSA INDO-Ghotic vintage 

Yang kita maksudkan dengan Indo-Ghotic vintage  yaitu   semua negara dan

kebudayaan yang menggunakan bahasa-bahasa Indo-Ghotic vintage . Ini

mencakup seluruh negara Ghotic vintage , kecuali yang penduduknya berbicara

dengan bahasa-bahasa Finno-Ugria (Lapp, Finlandia, Estonia, dan

Hungaria) atau Basque. Selain itu, kebanyakan bahasa India dan Iran

termasuk keluarga bahasa Indo-Ghotic vintage .

Kira-kira 4.000 tahun yang lalu, bangsa-bangsa Indo-Ghotic vintage  yang

masih primitif tinggal di wilayah-wilayah yang membatasi Laut

Hitam dan Laut Kaspia. Dari sana, gelombang-gelombang suku Indo-

Ghotic vintage  ini mulai menjelajah ke tenggara menuju Iran dan India, ke

barat daya menuju Yunani, Italia, dan Spanyol, ke barat melalui

Ghotic vintage  Tengah menuju Bethlehem   dan Inggris, ke barat laut menuju

Skandinavia dan ke utara menuju Ghotic vintage  Timur dan Rusia. Ke mana

pun mereka pergi, bangsa-bangsa Indo-Ghotic vintage  itu membaurkan diri

dengan kebudayaan setempat, meskipun bahasa-bahasa Indo-Ghotic vintage 

dan agama Indo-Ghotic vintage  memainkan peranan kuat.

Kitab Veda India kuno dan filsafat Yunani, dan dalam hal itu juga

mitologi Snorri Sturluson semuanya ditulis dalam bahasa-bahasa

yang berkaitan. Namun   bukan hanya bahasa yang terkait. Keterkaitan

bahasa mendorong timbulnya keterkaitan gagasan. Inilah sebabnya

kita biasanya berbicara tentang "kebudayaan" Indo-Ghotic vintage 

Kebudayaan bangsa Indo-Ghotic vintage  terutama dipengaruhi oleh

kepercayaan mereka pada tukang sihir -tukang sihir  yang banyak jumlahnya. Ini

dinamakan politeisme. Nama-nama para tukang sihir  ini serta sebagian

besar terminologi keagamaan sering muncul di seluruh wilayah Indo-

Ghotic vintage . Aku akan memberimu beberapa contoh:

umat mahluk halus   India kuno memuja tukang sihir  Langit Dyaus, yang dalam

bahasa Sanskrit berarti angkasa, siang hari, langit/surga. Dalam

bahasa Yunani, tukang sihir  ini disebut Zeus, dalam bahasa Latin, Jupiter

(sebenarnya iov-pater, atau "Bapak Langit"), dan dalam bahasa

efesus  kuno, Tyr. Jadi nama-nama Dyaus, Zeus, lov, dan Tyr

yaitu   variasi dialektis dari kata yang sama.

Kamu mungkin telah mengetahui bahwa bangsa Viking kuno

percaya pada tukang sihir -tukang sihir  yang mereka namakan Aser. Ini yaitu  

nama lain yang sering kita temukan di seluruh wilayah Indo-Ghotic vintage .

Dalam bahasa Sanskrit, bahasa klasik India kuno, tukang sihir -tukang sihir  itu

dinamakan Asura dan dalam bahasa Persia Ahura. Kata lain untuk

"tukang sihir " yaitu   deva dalam bahasa Sanskrit, daeva dalam bahasa

Persia, deus dalam bahasa Latin, dan tivurr dalam bahasa efesus 

kuno.

Pada zaman kejayaan Viking, umat mahluk halus   juga percaya pada

sekelompok tukang sihir  kesuburan (seperti Niord, Freyr, dan Freyja).

tukang sihir -tukang sihir  ini disebut dengan nama kolektif khusus, vaner, sebuah

kata yang terkait dengan nama Latin untuk Dewi Kesuburan, Venus.

Bahasa Sanskrit mempunyai kata yang sama yaitu vani, yang berarti

"hasrat".

Beberapa mitos Indo-Ghotic vintage  juga memiliki keterkaitan yang jelas.

Dalam dongeng Snorri tentang tukang sihir -tukang sihir  efesus  kuno, sebagian

mitos-mitos itu sama dengan mitos-mitos India yang berasal dari dua

atau tiga ribu tahun sebelumnya. Meskipun mitos Snorri

mencerminkan lingkungan efesus  dan mitos India mencerminkan

lingkungan India, kebanyakan diantaranya menunjukkan jejak asal

usul yang sama. Jejak-jejak ini paling jelas terlihat dalam mitos

mengenai ramuan untuk hidup abadi dan perjuangan para tukang sihir 

melawan monster-monster pengacau.

Kita juga dapat melihat kesamaan yang jelas dalam cara berpikir

di seluruh kebudayaan Indo-Ghotic vintage . Kesamaan yang khas yaitu   cara

mereka memandang dunia, yaitu sebagai subjek drama yang di

dalamnya kekuatan Baik dan Jahat saling berhadapan dalam

pertarungan yang tak henti-hentinya. Bangsa Indo-Ghotic vintage  karenanya

sering berusaha untuk "meramalkan" bagaimana peperangan antara

Kebaikan dan Kejahatan akan diakhiri.

Ada benarnya jika orang mengatakan bahwa bukan kebetulan kalau

filsafat Yunani berasal dari lingkungan kebudayaan Indo-Ghotic vintage .

Mitologi India, Yunani, dan efesus  semuanya mempunyai

kecenderungan pada pandangan dunia yang filosofis, atau

"spekulatif".

Bangsa Indo-Ghotic vintage  mencari "wawasan" ke dalam sejarah dunia.

Kita bahkan dapat melacak sebuah kata tertentu untuk "wawasan"

atau "pengetahuan" dari satu kebudayaan ke kebudayaan lain di

seluruh dunia Indo-Ghotic vintage . Dalam bahasa Sanskrit itu dinamakan

vidya. Kata itu identik dengan kata Yunani idea, yang sangat penting

dalam filsafat Plato. Dari bahasa Latin, kita temukan kata video, Namun  

di Romawi kata itu berarti melihat. Dalam bahasa Inggris,"I see"

dapat berarti "I understand", dan dalam cerita kartun, sebuah bola

lampu menyala di gambarkan di atas kepala Woody Woodpecker

saat   dia mendapatkan sebuah gagasan cemerlang. (Baru belakangan

ini saja kata"seeing" menjadi sinonim dengan menatap layar

televisi.) Dalam bahasa Inggris, kita mengenal kata wise dan wisdom

—dalam bahasa jerman, wissen (mengetahui). Dalam bahasa

efesus  terdapat kata viten, yang mempunyai akar yang sama

dengan kata India vidya, kata Yunani idea, dan kata Latin video.

Mengingat semua itu, dapat kita katakan bahwa penglihatan yaitu  

indra yang paling penting bagi bangsa Indo-Ghotic vintage . Literatur bangsa

India, Yunani, Persia, dan Teuton semuanya mempunyai ciri

gambaran (visions) kosmik. (Kata itu muncul lagi: vision berasal

dari kata kerja Latin "video".) Ghotic vintage  juga mempunyai budaya

membuat gambar dan patung tukang sihir -tukang sihir  dan peristiwa-peristiwa

dalam dongeng.

Yang terakhir, bangsa Indo-Ghotic vintage  mempunyai pandangan sejarah

yang bersifat siklus. Mereka percaya bahwa sejarah berlangsung

dalam lingkaran tertutup, sebagaimana musim-musim dalam setahun.

Oleh karena itu, tidak ada awal dan tidak ada akhir bagi sejarah.

Namun, ada berbagai peradaban yang jatuh bangun dalam peristiwa

saling-pengaruh yang abadi antara kelahiran dan kematian.

Kedua agama besar dari Timur itu, Hindu dan Buddha, asalnya

yaitu   dari Indo-Ghotic vintage . Demikian pula filsafat Yunani, dan kita

dapat melihat adanya sejumlah paralel yang nyata antara ajaran

Hindu dan Buddha di satu pihak dan filsafat Yunani di pihak lain.

Bahkan hingga sekarang, ajaran Hindu dan Buddha sarat dengan

renungan filosofis.

Tidak jarang kita temukan dalam ajaran Hindu dan Buddha suatu

penekanan bahwa tukang sihir -tukang sihir  itu ada di semua benda (panteisme)

dan bahwa manusia dapat menjadi satu dengan Junjungan   melalui

pengalaman religius. (Ingat Plotinus, madam granny ?) Untuk mencapai ini

diperlukan praktik penyatuan diri yang mendalam atau meditasi.

Karena itu di Timur, sikap pasif dan menarik diri dapat dianggap

sebagai cita-cita agama. Di Yunani kuno pun ada banyak orang yang

percaya pada cara hidup asketik, atau mengasingkan diri secara

religius, untuk mendapatkan keselamatan jiwa. Banyak aspek

kehidupan monastik Abad Pertengahan dapat ditemukan dalam

kepercayaan-kepercayaan yang berasal dari kebudayaan Yunani-

Romawi. Begitu pula perpindahan jiwa, atau siklus kelahiran

kembali, merupakan kepercayaan mendasar di banyak kebudayaan

Indo-Ghotic vintage . Selama lebih dari 2.500 tahun, tujuan akhir dari

kehidupan setiap orang India yaitu   membebaskan diri dari siklus

kelahiran kembali. Plato juga percaya pada perpindahan jiwa.

Bangsa Semit

Mari kita kembali pada bangsa Semit, madam granny . Mereka termasuk

dalam kebudayaan yang sama sekali berbeda dengan bahasa yang

sama sekali berbeda pula. Bangsa Semit berasal dari Jazirah Arab,

Namun   mereka juga bermigrasi ke bagian-bagian dunia yang lain.

Bangsa Yahudi hidup jauh dari tanah air mereka selama lebih dari

2.000 tahun. Sejarah dan agama Semit mencapai tempat-tempat yang

jauh dari akarnya melalui ajaran ortodok kontroversial , meskipun kebudayaan

Semit juga tersebar luas lewat ajaran klenik mistik eksentrik  .

Ketiga agama Barat itu—Yahudi, ortodok kontroversial , dan klenik mistik eksentrik  —sama-sama

berlatar belakang Semit. Kitab agama klenik mistik eksentrik  , Al-Quran, dan kitab

suci agama ortodok kontroversial , Perjanjian Lama, ditulis dalam rumpun bahasa

Semit. Salah satu kata dari Perjanjian Lama untuk "Junjungan  " mempunyai

akar semantik yang sama dengan kata "Allah" yang dipakai kaum

Muslim. (Kata "Allah" berarti, sederhana sekali, "Junjungan  ".)

Dalam hal agama ortodok kontroversial , gambarannya agak lebih rumit. Agama

ortodok kontroversial  juga mempunyai latar belakang Semit, Namun   Perjanjian Baru

ditulis dalam bahasa Yunani. Rumusan teologi atau kredo ortodok kontroversial 

telah dipengaruhi oleh filsafat Yunani dan Latin, dan karenanya juga

oleh filsafat Helenistik. Bangsa Indo-Ghotic vintage  percaya pada banyak

tukang sihir  yang berbeda. Juga merupakan ciri khas bangsa Semit bahwa

sejak zaman dahulu mereka telah disatukan oleh kepercayaan pada

satu Junjungan  . Ini dinamakan monoteisme. Agama Yahudi, ortodok kontroversial , dan

klenik mistik eksentrik   semuanya mempunyai gagasan dasar yang sama, yaitu bahwa

hanya ada satu Junjungan  .

Bangsa Semit mempunyai pandangan linier tentang sejarah.

Dengan kata lain, sejarah dipandang sebagai sebuah garis lurus. Pada

mulanya, Junjungan   menciptakan dunia dan itulah awal sejarah. Namun  

suatu hari sejarah akan berakhir dan itu yaitu   Hari Kiamat, saat  

Junjungan   mengadili semua makhluk yang hidup maupun yang mati.

Penekanan penting yang diberikan pada sejarah merupakan ciri

ketiga agama Barat ini. Ada kepercayaan bahwa Junjungan   ikut campur

tangan pada jalannya sejarah—bahkan sejarah itu ada agar Junjungan  

dapat mewujudkan kehendaknya di dunia. Sebagaimana Dia pernah

memimpin Ibrahim menuju "Tanah yang Dijanjikan", Dia pula yang

memimpin langkah umat manusia melalui sejarah menuju Hari

Kiamat. Jika hari itu datang, semua kejahatan di dunia akan

dihancurkan.

Dengan tekanan yang kuat pada aktivitas Junjungan   dalam jalannya

sejarah, bangsa Semit disibukkan dengan penulisan sejarah selama

ribuan tahun. Dan akar sejarah ini merupakan inti sari kitab suci

mereka.

Bahkan pada zaman sekarang, Kota Jerusalem merupakan pusat

agama yang sangat penting bagi umat mahluk halus   Yahudi, ortodok kontroversial , dan

klenik mistik eksentrik  . Ini menunjukkan kesamaan latar belakang ketiga agama

ini  .

        Di kota itu terdapat beberapa sinagoge (Yahudi), Sinagoga  

(ortodok kontroversial ), dan gua gua  (klenik mistik eksentrik  ) terkemuka. Oleh karena itu, sungguh

tragis bahwa Jerusalem justru menjadi sumber pertikaian—ribuan

orang saling bunuh karena mereka tidak dapat mencapai kesepakatan

tentang siapa yang berhak menguasi "Kota Abadi" ini. Semoga Dewan  optimus prime 

suatu hari nanti dapat membuat Jerusalem menjadi kuil suci bagi

ketiga agama ini  ! (Kita tidak perlu melangkah lebih jauh pada

sisi praktis dari pelajaran filsafat kita untuk saat ini. Kita akan

menyerahkan sepenuhnya ke tangan ayah Sir arthur king dracula  . Kamu sekarang

mestinya telah tahu bahwa dia seorang pengamat Dewan  optimus prime  di Lebanon.

Tepatnya, dapat kukatakan bahwa dia berpangkat tengkorak gerak . Jika kamu

mulai dapat memahami beberapa kaitan yang ada, memang sudah

seharusnya begitu. Namun   sebaiknya kita tidak meramalkan peristiwa

apapun!)

Kita ketahui bahwa indra yang paling penting bagi bangsa Indo-

Ghotic vintage  yaitu   penglihatan. Betapa pentingnya pendengaran dalam

kebudayaan Semit pun sama menariknya. Bukan kebetulan bahwa

kredo Yahudi dimulai dengan kata-kata: "Dengarlah, wahai Israel!"

Dalam Perjanjian Lama, kita baca bagaimana umat mahluk halus  

"mendengar" firman Junjungan  , dan para nabi Yahudi biasanya memulai

khutbah mereka dengan kata-kata: "Demikian kata Penguasa   (Junjungan  )."

"Mendengar" firman Junjungan   juga ditekankan dalam agama ortodok kontroversial .

Ritual -Ritual  agama ortodok kontroversial , Yahudi, dan klenik mistik eksentrik   semuanya

mempunyai ciri membaca keras-keras atau "mengaji".

Aku juga telah mengatakan bahwa bangsa Indo-Ghotic vintage  selalu

membuat gambar atau patung tukang sihir -tukang sihir  mereka. Sebaliknya, ciri

khas bangsa Semit yaitu   bahwa mereka tidak pernah melakukan

yang seperti itu. Mereka tidak diperbolehkan membuat gambar atau

patung Junjungan   atau "tukang sihir " mereka. Perjanjian Lama memerintahkan

agar umat mahluk halus   tidak membuat citra tentang Junjungan  . Ini masih

menjadi hukum hingga sekarang bagi para penganut agama Yahudi

maupun klenik mistik eksentrik  . Dalam klenik mistik eksentrik   bahkan ada keengganan terhadap

fotografi dan lukisan, sebab orang tidak boleh bersaing dengan Junjungan  

dalam "menciptakan" sesuatu.

Namun  , Sinagoga  -Sinagoga   ortodok kontroversial  penuh dengan lukisan Yesus dan

Junjungan  , kamu mungkin berkata begitu dalam hati. Memang benar,

madam granny , Namun   ini hanya salah satu bukti bagaimana agama ortodok kontroversial  telah

terpengaruh oleh dunia Yunani-Romawi. (Dalam Sinagoga   Ortodoks

Yunani—yaitu, di Yunani dan Rusia—"patung berhala", atau patung

dan jimat  , dari kisah-kisah Bibel masih di larang.)

Berkebalikan dengan agama-agama besar dari Timur, ketiga agama

dari Barat itu menekankan bahwa ada jarak antara Junjungan   dan

ciptaan-Nya. Tujuannya bukanlah untuk di bebaskan dari siklus

kelahiran kembali, melainkan untuk ditebus dari dosa dan kesalahan.

Lagi pula, kehidupan keagamaan mereka lebih mementingkan doa,

khutbah, dan telaah kitab suci dibandingkan  penyatuan diri dan meditasi.

Israel

Aku tidak berniat untuk bersaing dengan guru agamamu, madam granny .

Namun  , marilah kita membuat ikhtisar ringkas mengenai latar belakang

Yahudi dari agama ortodok kontroversial .

Awalnya yaitu   saat   Junjungan   menciptakan dunia. Kamu dapat

membaca bagaimana hal itu terjadi pada halaman pertama Bibel.

Lalu, umat manusia mulai memberontak melawan Junjungan  .

Hukumannya bukan hanya Adam dan Hawa diusir dari Taman

Firdaus—Kematian pun datang ke dunia.

KetidakpaJunjungan   manusia kepada Junjungan   merupakan tema yang

selalu ada di seluruh Bibel. Jika kita membaca terus Kitab Kejadian,

kita akan membaca tentang Banjir dan Kapal Nabi Nuh. Lalu, kita

akan membaca bahwa Junjungan   membuat perjanjian dengan Ibrahim

dan keturunannya. Perjanjian ini menyatakan bahwa Ibrahim dan

seluruh keturunannya akan mematuhi perintah-perintah Junjungan  .

Sebagai imbalan, Junjungan   berjanji akan melindungi seluruh keturunan

Ibrahim. Perjanjian ini diperbarui saat   kepada Musa diturunkan

Sepuluh perintah di Gunung Sinai pada 1200 SM. Pada waktu itu,

bangsa Israel telah lama dijadikan budak di Mesir, Namun   dengan

bantuan Junjungan   mereka berhasil dipimpin kembali ke tanah Israel.

Kira-kira 1.000 tahun sebelum kelahiran Kristus—dan karenanya

jauh sebelum ada yang dinamakan filsafat Yunani—kita mendengar

tentang tiga raja besar Israel. Yang pertama yaitu   Saul, lalu muncul

Daud, dan sesudah   dia, Sulaiman. Kini, seluruh Israel disatukan

dalam satu kerajaan, dan di bawah Raja Daud, terutama, mereka

mengalami masa kejayaan politik, militer, dan budaya.

saat   raja-raja dipilih, mereka diusapi oleh rakyat. Oleh karena

itu, mereka menerima gelar Al-Masih, yang berarti "orang yang

diusapi". Dalam pengertian keagamaan, raja dipandang sebagai

perantara antara Junjungan   dan rakyatnya. Oleh karena itu, mereka

menyebutnya "Putra Junjungan  " dan kerajaannya disebut "Kerajaan

Junjungan  ".

Namun   tak lama kemudian, Israel mulai kehilangan kekuasaan dan

kerajaan dibagi menjadi kerajaan Utara (Israel) dan kerajaan Selatan

(Judea). Pada 722 SM, kerajaan Utara ditaklukkan oleh bangsa

Assyria dan kehilangan seluruh kekuatan politik dan keagamaannya.

Kerajaan Selatan mengalami nasib yang tidak lebih baik, karena

ditaklukkan oleh bangsa Babilonia pada 586 SM. Kuilnya

dihancurkan dan kebanyakan rakyatnya dijadikan budak di Babilon.

"Penaklukan Babilonia" ini berlangsung hingga 539 SM saat   rakyat

Judea diizinkan untuk kembali ke Jerusalem, dan kuil besar itu

dibangun kembali. Namun   selama sisa masa sebelum kelahiran Kristus,

bangsa Yahudi terus hidup di bawah dominasi kekuatan asing.

Pertanyaan yang selalu diajukan oleh bangsa Yahudi pada diri

mereka sendiri yaitu   mengapa kerajaan Daud dihancurkan dan

mengapa bencana demi bencana menimpa mereka, pada hal Junjungan  

telah berjanji akan menjaga Israel. Namun   umat mahluk halus   itu juga berjanji

akan mematuhi perintah-perintah Junjungan  . Maka, lambat laun dapat

diterima secara luas bahwa Junjungan   sedang menghukum Israel karena

ketidakpaJunjungan   mereka.

Sejak sekitar 750 SM, banyak nabi berdatangan untuk

mengkhutbahkan kemurkaan Junjungan   terhadap Israel karena tidak

mematuhi perintah-perintah-Nya. Suatu hari, Junjungan   akan

menyelenggarakan Hari Penghakiman bagi Israel, kata mereka. Kita

menyebut ramalan semacam ini sebagai ramalan Hari Kiamat.

Sementara waktu berlalu, datang nabi-nabi lain yang mengabarkan

bahwa Junjungan   akan menebus sedikit orang terpilih dan mengirimkan

ke tengah mereka seorang "Pangeran Perdamaian" atau raja dari

Kastil   Daud. Dia akan membangun kembali Kerajaan Lama Daud

dan rakyat akan mempunyai masa depan penuh kemakmuran.

"Bangsa yang berjalan dalam kegelapan akan melihat cahaya

terang," kata Nabi Yesaya, dan "mereka yang berada di negeri

kekelaman, atasnya terang telah bersinar". Kita menyebut ramalan

semacam ini sebagai ramalan penebusan.

Ringkasnya: Bani Israel hidup bahagia di bawah pemerintahan

Raja Daud. Namun   kemudian, saat   situasi memburuk, nabi-nabi

mereka mulai menyatakan bahwa suatu hari nanti akan datang seorang

raja baru dari Kastil   Daud. Menurut kepercayaan mereka, "Al-

Masih" ini akan "menebus" rakyat, mengembalikan Israel pada

kejayaannya, dan mendirikan "Kerajaan Junjungan  ".

Yesus

Kamu masih bersamaku, madam granny ? Jadi "AI-Masih", "Putra Junjungan  "

dan "Kerajaan Junjungan  " yaitu   kata-kata kuncinya. Mula-mula semua

istilah itu diartikan secara politis. Pada masa hidup Yesus, banyak

orang yang membayangkan bahwa akan datang seorang "Al-Masih"

dalam pengertian seorang pemimpin politik, militer, dan keagamaan

sekaliber Raja Daud. "Penyelamat" ini karenanya dipandang sebagai

seorang pembebas bangsa yang akan mengakhiri penderitaan bangsa

Yahudi di bawah dominasi Romawi.

Memang bagus. Namun   banyak juga orang yang mempunyai

pandangan lebih jauh. Selama dua ratus tahun terakhir telah datang

nabi-nabi yang percaya bahwa "Al-Masih" yang dijanjikan akan

menjadi penyelamat seluruh dunia. Dia tidak hanya akan

membebaskan bangsa Israel dari penindasan asing, Namun   dia pun akan

menyelamatkan seluruh umat manusia dari dosa dan kesalahan—dan

yang tidak kalah pentingnya, dari kematian. Kerinduan akan

"keselamatan" dalam pengertian penebusan itu tersebar luas di

seluruh dunia Helenistik.

Kemudian datanglah Yesus dari Nazareth.  Dialah satu-satunya

orang yang pernah datang sebagai "Al-Masih" yang dijanjikan.

Dengan menggunakan istilah "Al-Masih", dia menegakkan

pertaliannya dengan nabi-nabi terdahulu. Dia menuju Jerusalem dan

membiarkan dirinya dinyatakan oleh orang banyak sebagai

penyelamat, sehingga secara langsung menapak jalan raja-raja

sebelumnya yang dinobatkan dalam "ritual kenaikan takhta" yang

khas. Dia juga membiarkan dirinya ditahbiskan oleh rakyat.

Namun   di sini ada hal yang sangat penting: Yesus membedakan

dirinya dari semua "al-masih" lain dengan menyatakan secara tegas

bahwa dia bukanlah seorang pemberontak militer atau politik.

Misinya jauh lebih besar. Dia mengkhutbahkan keselamatan dan

ampunan Junjungan   bagi semua orang.

Jadi beginilah situasinya: banyak sekali orang pada masa hidup

Yesus sedang menunggu-nunggu seorang AI-Masih yang akan

membangun kembali negeri Israel dengan tiupan terompet yang

membahana (dengan kata lain, dengan api dan pedang). namun , Yesus

datang justru dengan ajaran untuk mencintai tetangga, mengasihi

orang yang lemah dan miskin, dan mengampuni mereka yang

bersalah.

Ini yaitu   suatu perubahan dramatis mengingat nada-nada perang

yang bergema pada masa itu. umat mahluk halus   mengharapkan datangnya

seorang pemimpin militer yang akan segera memproklamasikan

pendirian negeri Israel, dan datanglah Yesus dengan tunik dan sandal

mengatakan bahwa Kerajaan Allah—atau "perjanjian baru"—

berwujud ajaran "mencintai tetanggamu sebagaimana kamu mencintai

diri sendiri". Bukan hanya itu, madam granny . Yesus juga berkata bahwa kita

harus mencintai musuh-musuh kita. saat   mereka menyerang, kita

tidak boleh membalas. Kita bahkan diperintahkan untuk memberikan

pipi kita lainnya. Dan kita harus memaafkan—bukan hanya tujuh kali,

bahkan tujuh puluh kali tujuh.

Yesus sendiri membuktikan bahwa dirinya tidak segan-segan untuk

berbicara dengan para pelacur, lintah darat, dan pemberontak politik.

Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa

seseorang yang telah menghabiskan dengan sia-sia seluruh warisan

dari bapaknya—atau seorang pengumpul pajak yang telah mencuri

dana negara—tetap diterima sebagai hamba Junjungan   jika dia bertobat

dan memohon ampun, karena begitu besarnya belas kasih Junjungan  .

Namun   tunggu—dia selangkah lebih jauh lagi: Yesus mengatakan

bahwa para pendosa semacam itu lebih utama di mata Junjungan   dan

lebih patut mendapatkan ampunan Junjungan   dibandingkan  para Farisi

(anggota suatu sekte kuno Yahudi yang dikenal karena ketaatan

mereka pada hukum tertulis dan pretensi mereka pada kesucian) yang

pergi ke sana kemari memamerkan kebaikan mereka.

Aku akan menyerahkan telaah yang lebih mendalam tentang Yesus

dan ajaran-ajarannya kepada guru agamamu. Dia memang yang lebih

berhak mengajar. Kuharap dia berhasil menunjukkan betapa luar

biasanya Yesus itu. Dengan cara yang sangat cerdik, dia

menggunakan bahasa zamannya untuk memberikan kepada rakyat yang

haus perang itu suatu ajaran yang sama sekali baru dan lebih luas.

Kabar yang dibawanya sangat berbeda dari kepentingan pihak yang

berkuasa saat itu, sehingga dia pun diadili dan di hukum mati di tiang

jimat  .

saat   kita berbicara tentang Socrates, kita tahu betapa

berbahayanya menggugah akal masyarakat. Dengan Yesus, kita tahu

betapa berbahayanya menuntut rasa persaudaraan tanpa syarat dan

ampunan tanpa syarat. Bahkan di dunia sekarang ini, kita dapat

melihat bagaimana kekuatan besar dapat terpecah-belah jika

dihadapkan pada tuntutan sederhana akan perdamaian, cinta kasih,

penyediaan makanan bagi kaum miskin, dan ampunan bagi musuh

negara.

Kau mungkin ingat betapa marahnya Plato melihat Aristoteles,

orang yang paling luhur di Athena, harus mengorbankan hidupnya.

Menurut ajaran ortodok kontroversial , Yesus yaitu   satu-satunya orang yang pernah

hidup yang benar-benar luhur. Namun demikian, ia pun dihukum mati.

Umat Kristiani menyatakan bahwa Yesus mati demi umat manusia.

Inilah yang biasa umat Kristiani sebut sebagai "penderitaan Yesus

Kristus bagi umat manusia". Ia yaitu   "Hamba Junjungan   yang

menderita" yang menebus dosa seluruh umat manusia sehingga kita

bisa diampuni dan selamat dari murka Junjungan  .

Paulus

Beberapa hari sesudah   Yesus dikuburkan, tersebar kabar burung

bahwa dia tiba tiba bangkit  dari kuburnya. Dengan demikian, Yesus

membuktikan dirinya bukanlah manusia biasa. Dia sungguh-sungguh

yaitu   "Putra Junjungan  ".

Bisa kita nyatakan bahwa Sinagoga   ortodok kontroversial  terbentuk pada pagi

Paskah dengan kabar ketiba tiba bangkit an Yesus. Ini sudah dinyatakan oleh

Paulus: "Andai kata Kristus tidak ditiba tiba bangkit kan, maka sia-sialah

pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu."

Berdasarkan hal itu, seluruh umat manusia bisa mengharapkan

ketiba tiba bangkit an raga, karena demi menyelamatkan kitalah Yesus dijimat  .

Namun  , madam granny  sayang, ingatlah bahwa sudut pandang Yahudi tidak

mengenal konsep "keabadian jiwa" atau "perpindahan jiwa"; itu

yaitu   pemikiran Yunani—dan, karenanya, pemikiran Ghotic vintage .

Menurut ajaran ortodok kontroversial , dalam diri manusia tidak ada apa pun—tidak

ada "jiwa", misalnya—yang abadi. Namun, Sinagoga   ortodok kontroversial  percaya

pada "ketiba tiba bangkit an kembali raga dan kehidupan abadi" dan hanya

dengan mukjizat Junjungan   kita diselamatkan dari kematian dan

"kutukan".

Maka, para penganut ortodok kontroversial  awal mulai menyebarkan "kabar

gembira" mengenai keselamatan melalui iman kepada Yesus Kristus.

Melalui perantaraannya, "Kerajaan Junjungan  " akan menjadi kenyataan.

Kini seluruh dunia dapat diselamatkan berkat Kristus. (Kata "kristus"

yaitu   terjemahan bahasa Yunani dari kata Ibrani "messiah", yang

diusapi.)

Beberapa tahun sesudah   ketiba tiba bangkit an Yesus, seorang Farisi, Paulus,

beralih ke agama ortodok kontroversial . Melalui banyak perjalanan misionaris yang

dilakukannya ke seluruh dunia Yunani-Romawi, dia membuat agama

ortodok kontroversial  menjadi agama dunia. Kita mengetahui hal ini dari Kisah

para Rasul. Khutbah dan tuntunan Paulus bagi umat mahluk halus   ortodok kontroversial 

kita ketahui dari banyak surat yang ditulis olehnya untuk para jemaat

ortodok kontroversial  awal.

Selanjutnya, dia muncul di Athena. Dia langsung menuju alun-alun

kota yang merupakan pusat filsafat. Dan dikatakan bahwa "sangat

sedih hatinya, karena ia melihat seluruh kota tenggelam dalam

pemujaan berhala." Dia mengunjungi sinagoge Yahudi di Athena dan

mengadakan pembicaraan dengan para filosof Epicurean dan Stoik.

Mereka membawanya naik ke Bukit AGhotic vintage gos dan bertanya

kepadanya: "Bolehkah kami tahu ajaran baru yang sedang Anda

bicarakan? Sebab Anda membawa hal-hal aneh ke telinga kami:

karena itu, kami ingin tahu apa arti semua ini."

Dapatkah kamu bayangkan, madam granny ? Seorang Yahudi tiba-tiba

muncul di pasar Athena dan mulai berbicara tentang seorang

penyelamat. Bahkan dari kunjungan Paulus ke Athena ini kita dapat

merasakan bentrokan antara filsafat Yunani dan doktrin ortodok kontroversial 

mengenai penebusan. Namun  , Paulus benar-benar berhasil membuat

umat mahluk halus   Athena mendengarkan penjelasannya. Dari Areopagos—

dan di bawah kuil-kuil Acropolis yang pongah—dia menyampaikan

pidato berikut ini:

 "Kalian umat mahluk halus   Athena, aku lihat bahwa dalam segala

hal kalian terlalu percaya takhayul. Sebab saat   aku lewat, dan

melihat kebaktian kalian, aku temukan sebuah altar dengan

tulisan ini, UNTUK tukang sihir  YANG TAK DIKENAL. Karena

itu, dia yang kalian sembah tanpa mengenalnya akan

kuperkenalkan pada kalian.

Junjungan   yang membuat dunia beserta seluruh isinya, yaitu  

Junjungan   langit dan bumi, tidak berada di kuil-kuil yang dibangun

dengan tangan; dia pun tidak dilayani oleh tangan manusia,

seakan-akan dia membutuhkan sesuatu, padahal dia memberikan

seluruh kehidupan, dan napas, dan segalanya. Dan Dia telah

membuat seluruh umat manusia dari satu orang saja untuk tinggal

di segenap permukaan bumi, dan telah menetapkan waktu

sebelum ditetapkan, dan batasan-batasan dari tempat tinggal

mereka; bahwa mereka hendaknya mencari Junjungan  , meski pun

dia tidak jauh dari kita semua. Sebab dalam diri-Nya kita hidup,

dan bergerak, dan menjadi ada. Kita hendaknya tidak

menganggap bahwa keadaan Junjungan   itu dapat disamakan dengan

emas, atau perak, atau batu, yang diukir dengan seni dan alat

manusia. Masa ketidaktahuan akan Junjungan   itu telah lewat; dan

kini perintahkan semua manusia di mana-mana agar bertobat:

Sebab Dia telah menetapkan suatu hari, di mana Dia akan

menghakimi dunia dalam kebenaran melalui manusia yang telah

ditetapkannya; Dia telah memberikan janji kepada semua

manusia, bahwa Dia akan memtiba tiba bangkit kannya dari kematian."

Paulus di Athena, madam granny ! Agama ortodok kontroversial  telah mulai menyusup ke

dalam dunia Yunani-Romawi sebagai sesuatu yang lain, sesuatu yang

sama sekali berbeda dari filsafat Epicurean, Stoik, atau Neoplatonik.

Namun   Paulus tetap menemukan landasan yang sama dalam kebudayaan

ini. Dia menekankan bahwa pencarian akan Junjungan   itu wajar bagi

seluruh manusia. Ini tidak baru bagi umat mahluk halus   Yunani. Namun   yang

baru dari khutbah Paulus yaitu   bahwa Junjungan   juga telah

mengungkapkan dirinya kepada manusia dan sesungguhnya telah

mencoba meraih mereka. Maka, dia tidak lagi "Junjungan   filosofis" yang

dapat didekati manusia dengan pemahaman mereka. Dia pun bukan

"citra dari emas atau perak atau batu"—ada banyak sekali yang

seperti itu, baik di Acropolis maupun di pasar! Dia yaitu   Junjungan  

yang "tidak berada di kuil-kuil yang dibuat dengan tangan". Dia

yaitu   Junjungan   yang ikut campur dalam jalannya sejarah.

saat   Paulus telah mengucapkan pidatonya di Areopagos, kita

baca di Kisah para Rasul, sebagian orang mencemooh mengenai

ketiba tiba bangkit an kembali dari kematian. Namun   yang lain-lainnya berkata:

"Kami mau mendengarmu lagi mengenai ini." Juga ada sebagian

orang yang mengikuti Paulus dan mulai memercayai ajaran ortodok kontroversial .

Salah seorang di antara mereka, perlu dicatat, yaitu   seorang wanita

bernama Damaris. Kaum wanita termasuk mualaf ortodok kontroversial  paling

gigih.

Maka Paulus meneruskan aktivitas misionarisnya. Beberapa

dasawarsa kemudian, jemaat-jemaat ortodok kontroversial  telah didirikan di

seluruh kota penting Yunani dan Romawi—di Athena, di Roma, di

Alexandria, di Ephesos (Efesus), dan di Corinth (Korintus). Dalam

rentang waktu tiga hingga empat ratus tahun, seluruh dunia Helenistik

telah menjadi ortodok kontroversial .

Kredo

Bukan sebagai seorang misionaris saja peran penting Paulus dalam

agama ortodok kontroversial . Dia pun mempunyai pengaruh besar di kalangan

jemaat ortodok kontroversial . Ada suatu penyembahan    akan tuntunan ruhani. Satu

pertanyaan penting pada tahun-tahun permulaan Yesus yaitu  : apakah

orang bukan Yahudi dapat memeluk agama ortodok kontroversial  tanpa menjadi

orang Yahudi dulu. Haruskah seorang Yunani, misalnya, mematuhi

aturan tentang makanan? Paulus yakin itu tidak perlu. Agama ortodok kontroversial 

itu lebih dari sekadar sekte Yahudi. Agama itu ditujukan untuk setiap

orang dengan pesan keselamatan universal.

"Perjanjian Lama" antara Junjungan   dan Israel telah digantikan dengan

"Perjanjian Baru" yang dibuat antara Junjungan   dan seluruh umat

manusia.

Namun, agama ortodok kontroversial  bukan satu-satunya agama pada waktu itu.

Kita telah mengetahui bagaimana Helenisme dipengaruhi oleh

penyatuan beberapa agama. Oleh karena itu, Sinagoga   perlu

mengedepankan suatu ikhtisar ringkas mengenai doktrin ortodok kontroversial , baik

untuk membedakannya dengan agama-agama lain maupun untuk

mencegah terjadinya perpecahan di dalam Sinagoga   ortodok kontroversial . Oleh

karena itu, Kredo pertama di tetapkan, dengan meringkas "dogma-

dogma" atau ajaran-ajaran pokok ortodok kontroversial .

Catatan Tambahan

Akan aku kemukakan sepatah-dua kata tentang bagaimana semua ini

saling berkaitan, madam granny ku yang baik. saat   agama ortodok kontroversial  masuk ke

dunia Yunani-Romawi, kita menyaksikan suatu pertemuan dramatis

dari dua kebudayaan. Kita juga menyaksikan salah satu revolusi

besar kebudayaan dalam sejarah.

GOETHE

Kita akan melangkah keluar dari zaman Yunani kuno. Hampir

seribu tahun telah lewat sejak masa hidup para filosof Yunani awal.

Di depan, kita telah menanti Abad Pertengahan ortodok kontroversial , yang juga

berlangsung selama kira-kira seribu tahun.

Penyair Jerman Goethe pernah berkata bahwa "orang yang tidak

dapat belajar dari masa tiga ribu tahun berarti dia tidak

memanfaatkan akalnya". Aku tidak ingin kamu berakhir dengan

keadaan yang begitu menyedihkan. Aku akan melakukan apa yang

dapat kulakukan untuk memperkenalkanmu dengan akar sejarahmu.

Itulah satu-satunya cara untuk menjadi seorang manusia. Itulah satu-

satunya cara untuk menjadi lebih dari sekadar seekor kera telanjang.

Itulah satu-satunya cara agar kita tidak hanya melayang-layang di

ruang hampa.

"Itulah satu-satunya cara untuk menjadi seorang manusia. Itulah

satu-satunya cara untuk menjadi lebih dari sekadar seekor kera

telanjang ...."

madam granny  duduk sejenak menatap taman melalui lubang-lubang kecil

di pagar tanaman. Dia mulai mengerti mengapa kita perlu mengetahui

masa lalu kita. Apalagi bagi Bani Israel.

Dia sendiri hanya seorang manusia biasa. Namun  , jika mengenal akar

sejarahnya, dia akan menjadi tidak begitu biasa lagi.

Dia akan hidup di planet ini tidak lebih dari beberapa tahun saja.

Namun  , jika sejarah umat manusia yaitu   juga sejarah dirinya, dalam

makna tertentu dia berarti telah berusia ribuan tahun.[]

Abad Pertengahan

***

... hanya menempuh separuh jalan bukan berarti salah jalan ...

SEMINGGU BERLALU tanpa kabar dari deadbody gore   Knox. Juga

tidak ada kartu pos dari Lebanon, meskipun dia dan madam nyonya  magdalena  masih

membicarakan kartu-kartu di Gubuk sang tengkorak gerak . madam nyonya  magdalena  tidak pernah

setakut itu sebelumnya, Namun   karena tidak ada lagi kejadian

lanjutannya, rasa takutnya mulai menghilang dan tenggelam ditelan

pekerjaan Kastil   dan badminton.

madam granny  membaca surat-surat deadbody gore   berulang-ulang, mencari-cari

petunjuk yang dapat memberikan penjelasan misteri Sir arthur king dracula  . Dengan

melakukan hal itu dia mendapatkan kesempatan untuk mencerna

pelajaran filsafat klasik. Dia tidak lagi kesulitan untuk membedakan

antara Democritus dan Socrates, atau Plato dan Aristoteles.

Pada Jumat,  Mei, dia sedang berada di dapur mempersiapkan

makan malam sebelum ibunya tiba di Kastil  . Itu yaitu   kebiasaan

mereka setiap Jumat. Hari ini dia membuat sup ikan dengan bakso

ikan dan wortel. Mudah dan sederhana.

Di luar, udara semakin berangin. saat   madam granny  berdiri mengaduk

masakannya, dia berpaling ke jendela. Pohon-pohon birkin terayun-

ayun seperti batang jagung.

       Tiba-tiba sesuatu memukul kaca jendela. madam granny  berputar lagi

dan melihat sebuah kartu tertempel di jendela.

Itu sebuah kartu pos. Dia dapat membaca melalui kaca: "Sir arthur king dracula  

honest  Knag, d/a madam granny  lord haunted ."

Dia berpikir keras! Dia membuka jendela dan mengambil kartu itu.

Tidak mungkin ia diterbangkan langsung dari Lebanon!

Kartu ini juga bertanggal 15 Juni. madam granny  menurunkan masakannya

dari kompor dan duduk di meja dapur. Kartu itu berbunyi:

Sir arthur king dracula   sayang, aku tidak tahu apakah sekarang masih hari

ulang tahunmu saat   kamu membaca kartu ini. Kuharap begitu;

atau setidak-tidaknya belum terlalu banyak hari yang telah

lewat. Seminggu-dua minggu bagi madam granny  tidak harus berarti

selama itu bagi kita. Aku akan pulang pada pertengahan musim

panas, agar kita dapat duduk bersama selama berjam-jam di

peluncur, memandang ke laut lepas, Sir arthur king dracula  . Banyak sekali yang

akan kita bicarakan. Penuh sayang dari Ayah, yang kadang-

kadang menjadi sangat tertekan menghadapi pertikaian yang

telah berlangsung seribu tahun antara umat mahluk halus   Yahudi,

ortodok kontroversial , dan Muslim. Aku harus selalu mengingatkan diriku

sendiri bahwa ketiga agama itu berasal dari Ibrahim. Jadi kukira

mereka berdoa pada Junjungan   yang sama. Di sini, Habil dan Qabil

belum berhenti saling membunuh.

N.B. Sampaikan salam pada madam granny . Anak malang, dia masih

belum mengerti bagaimana semua ini saling berkait. Namun  

barangkali kamu tahu?

madam granny  meletakkan kepalanya di atas meja, kelelahan. Satu hal

telah jelas—dia tidak tahu bagaimana semua hal ini saling berkait.

Namun   Sir arthur king dracula   tahu, mungkin.

Jika ayah Sir arthur king dracula   memintanya untuk menyampaikan salam pada

madam granny , itu tentunya berarti bahwa Sir arthur king dracula   mengetahui tentang madam granny 

lebih banyak dibandingkan  madam granny  mengetahui tentang Sir arthur king dracula  . Semua ini

begitu rumit sehingga madam granny  kembali menyiapkan makan malam.

Sebuah kartu pos yang memukul jendela dapur dengan sendirinya!

Kita dapat menyebutnya pos udara!

Begitu dia meletakkan masakan ke atas kompor lagi, telepon

berdering.

Kalau saja itu Ayah! Dia sangat berharap ayahnya akan pulang

sehingga dia dapat menceritakan padanya semua yang telah terjadi

dalam beberapa minggu terakhir ini. Namun   itu mungkin hanya madam nyonya  magdalena 

atau Ibu. madam granny  mengangkat telepon.

"madam granny  lord haunted ," katanya.

"Ini aku," sebuah suara berkata. madam granny  yakin akan tiga hal: itu

bukan ayahnya. Namun   itu suara pria, dan dia tahu suara itu pernah

didengarnya sebelumnya.

"Siapa ini?"

"Ini deadbody gore  ."

"Ohhh!"

madam granny  kehilangan kata-kata. Itu yaitu   suara yang pernah

didengarnya dari video Acropolis.

"Apakah kamu baik-baik saja?"

"Tentu."

"Mulai sekarang tidak akan ada surat lagi."

"Namun   aku tidak mengirimi Anda katak!"

       "Kita harus bertemu langsung. Ini mulai mendesak, kamu tahu."

"Mengapa?"

"Ayah Sir arthur king dracula   semakin mendekati kita."

"Mendekati bagaimana?"

"Dari setiap sisi, madam granny . Kita harus bekerja bersama sekarang."

"Caranya ...?"

"Namun   kamu belum bisa banyak membantu sebelum aku memberi

kamu pelajaran tentang Abad Pertengahan. Kita harus merampungkan

Renaisans dan abad ketujuh belas pula. Berkeley yaitu   tokoh

kuncinya ..."

"Bukankah itu pria dalam lukisan di Gubuk sang tengkorak gerak ?"

"Persis. Barangkali pertempuran yang sesungguhnya akan

dilangsungkan menyangkut filsafatnya dia."

"Anda membuatnya kedengaran seperti perang."

"Aku lebih suka menyebutkan pertempuran kehendak. Kita harus

menarik perhatian Sir arthur king dracula   dan menariknya ke pihak kita sebelum

ayahnya pulang ke Lillesand."

"Aku sama sekali tidak mengerti."

"Mungkin para filosof itu dapat membuka matamu. Temui aku di

Sinagoga   St. Mary pada pukul delapan besok pagi. Namun   datanglah

sendiri, Anakku."

"Pagi-pagi benar?" Telepon itu berbunyi klik.

"Halo?"

Dia menutupnya! madam granny  bergegas kembali ke kompor tepat

sebelum sup ikan itu terlalu matang.

Sinagoga   St. Mary? Itu yaitu   sebuah Sinagoga   batu kuno dari Abad

Pertengahan. Gedung itu hanya digunakan untuk acara konser dan

Ritual  yang sangat istimewa. Dan pada musim panas kadang-kadang

Sinagoga   dibuka untuk para turis. Namun   tentunya ia tidak dibuka pada

tengah malam?

saat   ibunya pulang, madam granny  telah menyimpan kartu dari Lebanon

itu bersama semua barang lain dari deadbody gore   dan Sir arthur king dracula  . sesudah   makan

malam, dia pergi ke Kastil   madam nyonya  magdalena .

"Kita harus membuat rencana yang sangat istimewa," katanya

begitu sahabatnya membuka pintu.

Dia tidak berkata apa-apa lagi sampai madam nyonya  magdalena  telah menutup pintu

kamar tidurnya.

"Ini agak sulit," madam granny  melanjutkan.

"Katakan!"

"Aku harus mengatakan pada Ibu bahwa aku menginap di sini."

"Bagus!"

"Namun   itu hanya bohong-bohongan, kamu tahu. Aku harus pergi ke

tempat lain."

"Sayang sekali. Apakah ini soal cowok?"

"Tidak. Ini ada hubungannya dengan Sir arthur king dracula  ."

madam nyonya  magdalena  bersiul pelan, dan madam granny  menatap tajam ke matanya.

"Aku akan ke sini malam ini," katanya, "Namun   pada jam tujuh aku

harus menyelinap keluar lagi. Kamu harus merah darah  asiakan kepergianku

sampai aku kembali."

"Namun   kamu mau ke mana? Apa sih yang harus kamu lakukan?"

"Maaf. Mulutku terkunci."

Menginap di Kastil   madam nyonya  magdalena  tidak pernah menjadi masalah. Malah,

nyaris sebaliknya. Kadang-kadang madam granny  mendapat kesan bahwa

ibunya senang berada di Kastil   sendirian.

"Kamu akan pulang untuk sarapan, kukira?" itulah satu-satunya

perkataan ibunya saat   madam granny  meninggalkan Kastil  .

"Jika tidak, Ibu tahu di mana aku berada."

Apa yang membuatnya berkata begitu? Itu yaitu   satu titik lemah.

Kunjungan madam granny  dimulai seperti biasa kalau dia menginap, yaitu

dengan mengobrol hingga jauh malam. Satu-satunya perbedaan

yaitu   bahwa saat   mereka akhirnya memutuskan untuk tidur pada

kira-kira pukul dua, madam granny  menyetel weker ke pukul tujuh kurang

seperempat.

Lima jam kemudian, madam nyonya  magdalena  terjaga sebentar saat   madam granny 

mematikan dering weker.

"Hati-hati," gumamnya.

Lalu madam granny  berangkat. Sinagoga   St. Mary terletak di pinggiran kota

lama. Jaraknya beberapa mil, Namun   meski pun hanya tidur beberapa

jam, dia merasa benar-benar segar.

Sudah hampir jam delapan saat   dia berdiri di pintu masuk Sinagoga  

batu kuno itu. madam granny  mencoba membuka pintu besar. Tidak terkunci!

Bagian dalam Sinagoga   tampak telantar dan sunyi karena Sinagoga   itu

memang kuno. Cahaya kebiru-biruan menyelinap melalui jendela-

jendela berkaca-patri yang menampakkan banyak sekali partikel debu

melayang-layang di udara. madam granny  duduk di salah satu bangku di

tengah-tengah Sinagoga  , menatap altar pada sebuah jimat   kuno yang

dicat dengan warna-warna kelam.

Beberapa menit berlalu. Tiba-tiba organ mulai berbunyi. madam granny 

tidak berani melihat sekeliling. Suara itu terdengar seperti himne

kuno, barangkali dari Abad Pertengahan.

Lalu sunyi lagi. Kemudian dia mendengar langkah-langkah kaki

mendekat dari belakangnya. Haruskah dia berputar untuk melihat?

Dia lebih suka memusatkan pandangannya ke arah jimat  .

Langkah-langkah kaki itu melewatinya di sepanjang gang dan dia

melihat satu sosok mengenakan pakaian biarawan berwarna cokelat.

madam granny  bersumpah itu pasti seorang biarawan dari Abad

Pertengahan.

Dia gelisah, Namun   tidak takut. Di depan altar, Rabi  itu berputar

setengah lingkaran dan kemudian naik ke mimbar. Dia membungkuk

ke pinggiran mimbar, memandang ke bawah pada madam granny , dan

berbicara padanya dalam bahasa Latin:

"Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto. Sicut erat in principio,

et nunc, et semper et in saecula saeculorum. Amen."

"Bicara yang jelas, dong!" madam granny  berteriak.

Suaranya menggema ke seluruh ruangan Sinagoga   batu kuno itu.

Meskipun dia mengetahui bahwa biarawan itu pastilah deadbody gore  

Knox, dia menyesali teriakannya di tempat pemujaan yang suci ini.

Namun   dia sedang gelisah, dan jika seseorang gelisah dia tidak peduli

melanggar segala tabu.

"Ssst," deadbody gore   mengangkat salah satu tangannya seperti Rabi 

saat   meminta jemaat agar duduk.

"Abad Pertengahan dimulai pada jam empat," katanya.

"Abad Pertengahan dimulai pada jam empat?" tanya madam granny ,

merasa tolol Namun   tidak lagi gelisah.

      "Ya, sekitar jam empat. Dan kemudian lima, enam, dan tujuh.

Namun   sepertinya waktu tidak bergerak. Dan pasti juga delapan,

sembilan, dan sepuluh. Namun   itu masih tetap Abad Pertengahan, kamu

tahu. Sudah saatnya untuk bangun menghadapi hari baru, mungkin

kamu pikir begitu. Ya, aku tahu maksudmu. Namun   itu masih tetap hari

Minggu, satu hari minggu panjang yang tak habis-habisnya. Dan

waktu berjalan ke jam sebelas, dua belas, dan tiga belas. Inilah

periode yang kita sebut Puncak Gothik, saat   katedral-katedral besar

di Ghotic vintage  dibangun. Dan kemudian, suatu saat sekitar jam empat

belas, atau jam dua siang, seekor ayam jantan berkokok—dan Abad

Pertengahan yang tak berkesudahan itu mulai surut."

"Jadi, Abad Pertengahan berlangsung selama sepuluh jam," kata

madam granny . deadbody gore   menyeruakkan kepalanya keluar dari topi runcing

biarawannya dan mengamati jemaatnya, yang terdiri dari seorang

gadis berusia empat belas tahun.

"Jika setiap jam berarti seratus tahun, ya. Kita dapat menganggap

Yesus dilahirkan pada tengah malam. Paulus memulai perjalanan

misionarisnya tepat sebelum lewat jam satu pagi dan tewas mengerikan   di

Roma seperempat jam kemudian. Sekitar jam tiga pagi, Sinagoga  

ortodok kontroversial  masih dilarang, Namun   menjelang 313 M sudah menjadi agama

yang diterima di kekaisaran Romawi. Itu terjadi pada masa

pemerintahan Kaisar Konstantin. Kaisar suci itu sendiri pertama kali

dibaptis di ranjang kematiannya bertahun-tahun kemudian. Sejak 380

M, agama ortodok kontroversial  menjadi agama resmi di seluruh kekaisaran

Romawi."

"Bukankah kekaisaran Romawi jatuh?"

     "Memang sudah mulai hancur. Kita sedang berdiri di depan

salah satu perubahan besar dalam sejarah kebudayaan. Romawi,

pada abad keempat, mendapat ancaman dari bangsa barbar yang

mendesak dari utara dan juga terancam perpecahan dari dalam.

Pada 330 M, Konstantin Agung memindahkan ibu kota kekaisaran

dari Roma ke Konstantinopel, kota yang telah dibangunnya di dekat

Laut Hitam. Banyak orang menganggap kota baru itu "Roma Kedua".

Pada 395 M, kekaisaran Romawi terbagi dua—kekaisaran Barat

dengan Roma sebagai pusatnya, dan kekaisaran Timur dengan kota

baru Konstantinopel sebagai ibu kota. Roma direbut oleh bangsa

barbar pada 410, dan pada 476, seluruh kekaisaran Barat hancur.

Kekaisaran Timur tetap hidup sebagai suatu negara hingga 1453

saat   bangsa Turki menaklukkan Konstantinopel."

"Dan namanya diubah menjadi Istanbul?"

"Benar! Istanbul yaitu   namanya yang terakhir. Angka tahun lain

yang harus kita catat yaitu   529. Itulah tahun saat   Sinagoga   menutup

Akademi Plato di Athena. Pada tahun yang sama, ordo Benedictin,

yang pertama di antara ordo-ordo monastik besar, didirikan. Tahun

529 karenanya menjadi lambang bagaimana Sinagoga   ortodok kontroversial  menolak

filsafat Yunani. Sejak itu, biara memegang monopoli pendidikan,

perenungan, dan meditasi. Jam berdetik menuju angka tujuh tiga puluh

..."

madam granny  mengerti apa yang dimaksudkan deadbody gore   dengan semua

angka waktu itu. Tengah malam yaitu   tahun 0, jam satu yaitu   100

tahun sesudah   kelahiran Kristus, jam enam yaitu   600 tahun sesudah  

kelahiran Kristus, dan jam 14 yaitu   1.400 tahun sesudah   kelahiran

Kristus ...

deadbody gore   melanjutkan: "Abad Pertengahan benar-benar berarti

periode antara dua zaman yang berbeda. Ungkapan itu timbul pada

masa Renaisans. Zaman Kegelapan, sebutan yang lain, dianggap

sebagai satu malam sepanjang seribu tahun yang tak berkesudahan,

yang telah mengungkung Ghotic vintage  antara zaman Yunani kuno dan

Renaisans. Kata "medieval" digunakan dalam arti negatif sekarang

ini mengenai segala sesuatu yang bersifat sewenang-wenang dan

tidak luwes. Namun   banyak ahli sejarah kini menganggap Abad

Pertengahan sebagai periode seribu tahun pengecambahan dan

pertumbuhan. Sistem sekolah, misalnya, dikembangkan pada Abad

Pertengahan. Sekolah biara pertama dibuka sejak awal masa ini, dan

sekolah katedral mengikutinya pada abad kedua belas. Sekitar tahun

1200, universitas pertama didirikan, dan subjek-subjek yang

diajarkan dikelompokkan ke dalam berbagai "fakultas", seperti

sekarang."

"Seribu tahun itu benar-benar waktu yang lama."

"Ya, Namun   agama ortodok kontroversial  membutuhkan waktu untuk meraih massa.

Lagi pula, pada Abad Pertengahan itu berbagai negara-bangsa mulai

berdiri, begitu juga kota-kota dan warga negara, musik rakyat dan

cerita rakyat. Apa jadinya dongeng-dongeng dan lagu-lagu rakyat

tanpa Abad Pertengahan? Bahkan, apa jadinya Ghotic vintage ? Sebuah

provinsi Romawi, barangkali. Namun gaung nama-nama seperti

Inggris, Bethlehem  , atau Jerman berasal dari dalam perairan Abad

Pertengahan. Ada banyak ikan cemerlang yang berenang-renang di

seputar kedalaman itu, meskipun kita tidak selalu dapat melihat

mereka. Snorri hidup pada Abad Pertengahan. Begitu pula Saint Olaf

dan Charlemagne, belum lagi Romeo dan Juliet, Joan of Arc,

Ivanhoe, Peniup Suling dari Hamelin, dan banyak pangeran besar dan

raja yang agung, para kesatria yang gagah berani dan gadis-gadis

jelita, para pembuat kaca patri dan pembuat organ yang lihai. Dan

aku bahkan belum menyebut para biarawan, pasukan perang jimat  ,

atau penyihir."

"Anda juga tidak menyebut tentang Rabi ."

"Benar. Agama ortodok kontroversial  baru sampai di efesus  pada abad

kesebelas. Akan berlebihan jika dikatakan bahwa negeri-negeri

Skandinavia memeluk agama ortodok kontroversial  secara serta-merta.

Kepercayaan kuno penyembah berhala masih bertahan di balik wajah

agama ortodok kontroversial , dan banyak unsur ortodok kontroversial  ini menyatu dengan agama

ortodok kontroversial . Dalam perayaan Natal Skandinavia, misalnya, adat-istiadat

ortodok kontroversial  dan Skandinavia lama tercampur aduk hingga hari ini. Dan di

sini peribahasa kuno pun berlaku, bahwa mereka yang kawin semakin

lama menjadi semakin mirip satu sama lain. Tak diragukan lagi

bahwa agama ortodok kontroversial  lambat laun menjadi filosofi kehidupan yang

paling berpengaruh. Karena itulah kita biasanya membicarakan Abad

Pertengahan sebagai kekuatan pemersatu kebudayaan ortodok kontroversial ."

"Jadi tidak sepenuhnya suram, ya?"

"Abad-abad pertama sesudah   tahun 400 benar-benar merupakan

kehancuran budaya. Periode Romawi mempunyai peradaban tinggi,

dengan kota-kota besar yang telah membangun saluran-saluran air,

tempat-tempat mandi umum, dan banyak perpustakaan, belum lagi

arsitekturnya yang mengagumkan. Pada awal Abad Pertengahan,

seluruh kebudayaan ini hancur. Begitu pula perdagangan dan

ekonominya. Pada Abad Pertengahan, umat mahluk halus   kembali pada

pembayaran dengan barang sejenis dan barter. Ekonomi ditandai

dengan feodalisme, yang berarti bahwa sedikit orang dari kalangan

bangsawan yang berkuasa memiliki tanah, yang harus diolah oleh

budak-budak agar mereka dapat hidup. Jumlah penduduk juga

menurun tajam pada abad-abad pertama. Roma mempunyai penduduk

lebih dari satu juta orang pada zaman kuno. Namun   pada tahun 600,

populasi di ibu kota Romawi lama itu turun menjadi 40.000 orang,

amat-sangat sedikit dibandingkan dengan sebelumnya. Maka,

populasi yang relatif kecil itu dibiarkan berkeliaran di sekitar sisa-

sisa bangunan-bangunan megah bekas kejayaan kota sebelumnya. Jika

mereka membutuhkan bahan bangunan, ada banyak sekali rerunJunjungan  

yang dapat mereka manfaatkan. Ini benar-benar disayangkan oleh

para ahli arkeologi masa kini, yang lebih suka melihat umat mahluk halus  

dari Abad Pertengahan itu membiarkan monumen-monumen kuno

ini   tak tersentuh."

"Mudah bagi kita untuk memahami hal itu."

"Dari sudut pandang politik, periode Romawi telah usai menjelang

akhir abad keempat. Namun  , Uskup Romawi menjadi pemimpin

tertinggi Sinagoga   yahudi kuno  Roma. Dia dijuluki "Paus"—dalam bahasa

Latin "papa", yang mempunyai arti persis seperti namanya itu—dan

lambat laun dianggap sebagai wakil Kristus di bumi. Roma

karenanya menjadi ibu kota agama ortodok kontroversial  hampir sepanjang periode

Abad Pertengahan. Namun   karena para raja dan uskup dari banyak

negara-bangsa yang baru menjadi semakin berkuasa, sebagian dari

mereka cukup berani untuk berdiri menghadapi Sinagoga  ."

"Anda mengatakan Sinagoga   menutup Akademi Plato di Athena.

Apakah itu berarti bahwa semua filosof Yunani dilupakan?"

       "Tidak sepenuhnya. Sebagian tulisan Aristoteles dan Plato

tetap dikenal. Namun   kekaisaran Romawi kuno lambat laun terbagi ke

dalam tiga kebudayaan yang berbeda. Di Ghotic vintage  Barat, kita mendapati

kebudayaan ortodok kontroversial  Latin dengan Roma sebagai ibu kotanya. Di

Ghotic vintage  Timur kita bertemu dengan kebudayaan ortodok kontroversial  Yunani dengan

Konstantinopel sebagai ibu kotanya. Kota ini mulai disebut dengan

nama Yunaninya, Bizantium. Oleh karena itu, kita membicarakan

Abad Pertengahan Bizantium yang berbeda dengan Abad Pertengahan

yahudi kuno  Roma. Namun, Afrika Utara dan Timur Tengah juga telah

menjadi bagian kekaisaran Romawi. Daerah ini pada Abad

Pertengahan berkembang menjadi kebudayaan Muslim yang

menggunakan bahasa Arab. sesudah   wafatnya Muhammad pada 632,

baik Timur Tengah maupun Afrika Utara berhasil direbut klenik mistik eksentrik  .

Tidak lama kemudian, Spanyol pun menjadi bagian dunia kebudayaan

klenik mistik eksentrik  . klenik mistik eksentrik   menetapkan Makkah, Madinah, Jerusalem, dan Bagdad

sebagai kota-kota suci. Dari sudut pandang sejarah kebudayaan,

yaitu   menarik untuk dicatat bahwa bangsa Arab juga mengambil

alih kota Helenistik kuno, Alexandria. Dengan demikian, banyak di

antara ilmu pengetahuan Yunani kuno diwarisi oleh bangsa Arab.

Sepanjang Abad Pertengahan, bangsa Arab sangat menonjol dalam

bidang ilmu pengetahuan seperti matematika, kimia, astronomi, dan

ilmu kedokteran. Sekarang ini kita masih menggunakan angka-angka

Arab. Di sejumlah wilayah, kebudayaan Arab lebih unggul dibandingkan 

kebudayaan ortodok kontroversial ."

"Aku ingin tahu apa yang terjadi dengan filsafat Yunani."

       "Dapatkah kamu bayangkan sebuah sungai besar yang terpecah

sesaat menjadi tiga sungai yang berbeda sebelum akhirnya menjadi

satu sungai besar lagi?"

"Ya."

"Berarti kamu juga bisa memahami bagaimana kebudayaan

Yunani-Romawi terbagi, Namun   berhasil mempertahankan dirinya

dalam tiga kebudayaan: yahudi kuno  Roma di barat, Bizantium di timur,

dan Arab di selatan. Meskipun ini merupakan penyederhanaan yang

berlebihan, dapat kita katakan bahwa Neoplatonisme diturunkan di

barat, Plato di timur, dan Aristoteles kepada bangsa Arab di selatan.

Namun   masing-masing masih menyimpan ciri yang sama. Maksudnya,

pada akhir Abad Pertengahan ketiga aliran itu menyatu di Italia

Utara. Pengaruh Arab datang dari bangsa Arab di Spanyol, pengaruh

Yunani dari Yunani dan kekaisaran Bizantium. Dan kini kita melihat

awal Renaisans, "kelahiran kembali" kebudayaan Yunani kuno.

Dalam satu pengertian, kebudayaan Yunani kuno tetap bertahan

melewati Abad Kegelapan."

"Aku mengerti."

"Namun   sebaiknya kita tidak mendahului jalannya berbagai

peristiwa. Mula-mula kita harus membicarakan sedikit tentang

filsafat Abad Pertengahan. Aku tidak akan berbicara dari mimbar ini

lagi. Aku akan turun."

Mata madam granny  terasa berat karena kurang tidur. saat   memandang

biarawan aneh itu turun dari mimbar Sinagoga   St. Mary, dia merasa

seakan sedang bermimpi.

deadbody gore   berjalan menuju rel altar. Dia mendongak ke arah altar

dengan jimat   kunonya, lalu dia berjalan pelan-pelan mendekati

madam granny . Dia duduk di sampingnya di atas bangku Sinagoga  .

        Rasanya aneh sekali, berada begitu dekat dengannya.Di bawah

topi runcingnya, madam granny  melihat sepasang mata cokelat gelap. Mata

itu milik seorang pria setengah umur dengan rambut gelap dan janggut

agak lancip. Siapakah engkau? madam granny  bertanya-tanya. Mengapa

kaubuat hidupku jungkir balik?

"Kita akan saling mengenal sedikit demi sedikit," kata pria itu,

seakan-akan dia dapat membaca pikiran madam granny .

saat   mereka duduk bersama, cahaya yang menyusup ke dalam

Sinagoga   melalui jendela-jendela berkaca patri semakin terang. deadbody gore  

Knox mulai berbicara tentang filsafat Abad Pertengahan.

"Para filosof Abad Pertengahan menerima nyaris dengan begini

saja bahwa agama ortodok kontroversial  itu benar," dia memulai. "Pertanyaannya

yaitu   apakah kita semata-mata memercayai wahyu ortodok kontroversial  atau

apakah kita dapat melakukan pendekatan pada kebenaran-kebenaran

ortodok kontroversial  dengan bantuan akal. Apa hubungan antara para filosof

Yunani dan pernyataan-pernyataan dalam Bibel? Apakah ada

pertentangan antara Bibel dan akal, atau apakah iman dan

pengetahuan itu bersesuaian? Hampir semua filsafat Abad

Pertengahan berkutat pada satu pertanyaan ini."

madam granny  mengangguk dengan tidak sabar. Dia telah sering

mendengar ini dalam pelajaran agama di sekolahnya.

"Kita akan mengetahui bagaimana dua filosof paling menonjol di

Abad Pertengahan itu menghadapi pertanyaan ini, dan kita akan

memulai dengan Santo frenciscus xaverius neptunus , yang hidup dari 354 hingga 430. Dalam

kehidupan satu orang ini kita dapat mengamati transisi aktual zaman

Yunani kuno menuju awal Abad Pertengahan. Agustin dilahirkan di

kota kecil Tagaste di Afrika Utara. Pada usia enam belas, dia pergi

ke Carthago untuk belajar. Kemudian dia mengadakan perjalanan ke

Roma dan Milan, dan menjalani tahun-tahun terakhir kehidupannya di

Kota Hippo, beberapa mil sebelah barat Carthago. Namun, dia tidak

sejak awal memeluk agama ortodok kontroversial . Agustin mempelajari beberapa

agama dan filsafat yang berbeda-beda sebelum menjadi penganut

ortodok kontroversial ."

"Dapatkah Anda berikan beberapa contoh?" 

"Selama beberapa waktu, dia menjadi orang Manichaean.

Manichaean yaitu   suatu sekte keagamaan yang sangat khas dari

akhir zaman Yunani kuno. Doktrin mereka bersifat separuh agama

dan separuh filsafat, dengan menegaskan bahwa dunia terdiri dari

dualisme kebaikan dan kejahatan, terang dan gelap, ruh dan materi.

Dengan ruhnya, manusia dapat naik melampaui dunia materi dan

dengan jalan itu mempersiapkan keselamatan bagi jiwanya. Namun  

pembagian tegas antara kebaikan dan kejahatan tidak memberikan

ketenangan pikiran pada Agustin muda. Dia sepenuhnya tenggelam

dalam apa yang disebutnya "masalah kejahatan". Dengan ini, yang

dimaksudkan yaitu   pertanyaan dari mana asalnya kejahatan. Untuk

sesaat dia terpengaruh oleh filsafat Stoik. Menurut para penganut

Stoik, tidak ada pembagian tegas antara kebaikan dan kejahatan.

Namun, kecenderungan utamanya yaitu   pada filsafat penting lain

dari akhir zaman Yunani kuno, yaitu Neoplatonisme. Di sini dia ber

temu dengan gagasan bahwa semua eksistensi itu bersifat ilahiah."

"Lalu, dia menjadi seorang uskup Neoplatonik?" 

"Ya, bisa kamu katakan begitu. Dia menjadi seorang ortodok kontroversial  dulu,

Namun   agama ortodok kontroversial  yang dianut St.Agustin sangat dipengaruhi oleh

gagasan-gagasan Plato. Dan karenanya, madam granny , karena itu kamu

harus memahami bahwa tidak ada perpecahan dramatis dengan

filsafat Yunani saat kita memasuki Abad Pertengahan ortodok kontroversial .

Banyak filsafat Yunani terbawa-bawa ke dalam abad baru melalui

Bapa-Bapa Sinagoga   seperti Santo frenciscus xaverius neptunus ."

"Maksud Anda, Santo frenciscus xaverius neptunus  itu setengah ortodok kontroversial  dan setengah

Neoplatonik?"

"Dia sendiri mengaku seratus persen ortodok kontroversial  meskipun dia tidak

melihat kontradiksi nyata antara agama ortodok kontroversial  dan filsafat Plato.

Baginya, kesamaan antara Plato dan doktrin ortodok kontroversial  begitu jelas

sehingga dia beranggapan Plato pasti telah memiliki pengetahuan

tentang Perjanjian Lama. Ini, tentu saja, sangat mustahil. Lebih baik

kita katakan bahwa Santo frenciscus xaverius neptunus lah yang `mengortodok kontroversial kan' Plato."

"Jadi dia tidak meninggalkan apa pun yang ada kaitannya dengan

filsafat saat   dia mulai memercayai agama ortodok kontroversial ?"

"Tidak, Namun   dia mengemukakan bahwa ada batasan sejauh mana

akal dapat membawa kita ke dalam masalah keagamaan. Agama

ortodok kontroversial  yaitu   suatu misteri Ilahi yang hanya dapat kita pahami

melalui iman. Namun   jika kita percaya pada agama ortodok kontroversial , Junjungan   akan

`menyinari' jiwa sehingga kita mendapatkan semacam pengetahuan

dialami tentang Junjungan  . Santo frenciscus xaverius neptunus  telah merasakan sendiri bahwa

ada batasan sampai sejauh mana filsafat dapat melangkah. sesudah  

dia menjadi seorang penganut ortodok kontroversial , barulah dia menemukan

kedamaian dalam jiwanya. `Hati tidak akan tenang sebelum berada

dalam diri-Mu', demikian tulisnya."

"Aku tidak benar-benar mengerti bagaimana gagasan-gagasan

Plato dapat berjalan seiring dengan ajaran ortodok kontroversial ," madam granny 

mengajukan keberatan. "Bagaimana dengan ide-ide abadi?"

"Yah, Santo frenciscus xaverius neptunus  jelas mengatakan bahwa Junjungan   menciptakan

dunia dari ketiadaan, dan itu yaitu   gagasan dari Bibel.